Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langah Mudah Print Excel Agar Rapih Dan Tidak Terpotong

 

Langah Mudah Print Excel Agar Rapih Dan Tidak Terpotong

Langah Mudah Print Excel Agar Rapih Dan Tidak Terpotong

Inilah info langkah print excel supaya tidak terpenggal yang dapat menolong Anda. Anda barusan mengirimi spreadsheet Excel ke printer, tapi saat mengeceknya, rupanya hasilnya tidak tercetak dengan betul. Seperti terpenggal hingga data yang dihidangkan tidak komplet. Sudah pasti ini bisa menjadi permasalahan besar apa lagi sedang keburu-buru. Nach pada artikel ini kali, kita akan mengulas langkah supaya excel yang di print tidak terpenggal atau alami kekeliruan lainnya. Mudah-mudahan info ini dapat bermanfaat untuk Anda. Langah Mudah Print Excel Agar Rapih Dan Tidak Terpotong. 

Langkah Print Excel supaya Tidak Terpenggal

Berikut ialah beragam langkah yang dapat dilaksanakan untuk dapat memperoleh hasil print yang bagus dan tidak terpenggal dari excel Anda.

1.Cara Atur Tempat Bikin Spreadsheet Excel

Bila spreadsheet Excel Anda tidak cetak secara benar atau terpenggal, menyetel tempat bikin sering bisa menolong. Untuk lakukan ini, klik page lay-out lalu klik icon Print Tempat dan tentukan Clear Print Tempat jika awalnya pernah membuat tempat cetak. Kemudian tentukan sel yang ingin Anda cetak. Klik icon Print Tempat dan tentukan Set Print Tempat.


2. Langkah Atur Page Break Saat sebelum Cetak Excel

Bila spreadsheet Anda berisikan banyak baris atau kolom, Excel yang ingin di-print kemungkinan terpenggal di lokasi yang tidak pas saat diciptakan. Untuk melakukan perbaikan, Anda bisa atur page break secara manual. Untuk atur yang horizontal, tentukan baris di mana Anda ingin halaman yang diciptakan untuk dipisah.

Langah Mudah Print Excel Agar Rapih Dan Tidak Terpotong. Untuk atur page break vertikal, tentukan semua kolom. Pada Page Lay-out, klik icon Breaks dan tentukan Insert Page Break. Untuk menghapusinya, tentukan baris atau kolom yang serupa, klik icon Breaks, dan tentukan Remove Page Break. Bila Anda sudah membuat beberapa page break yang ingin Anda hapus, tentukan pilihan untuk Reset All Page Breaks.


3. Langkah Menskalakan Supaya Cocok Saat sebelum Cetak Excel

Langkah lain untuk mengatur supaya spreadsheet Anda tidak terpenggal saat di print dengan atur lebar, nilainya, atau tinggi. Pada Page Lay-out, klik kotak dropdown di sebelah. Anda bisa atur beberapa halaman tertentu untuk diciptakan. Misalkan, bila Anda ingin atur supaya spreadsheet dua halaman dapat diciptakan jadi satu halaman, tentukan pilihan untuk 1 halaman. Bila Anda ingin memperkecil spreadsheet ke prosentase tertentu baik lebar atau tinggi, klik panah bawah dari sisi Scale atau tulis angka tertentu, seperti 75%.


4. Langkah Atur Pilihan Kelanjutan

Anda bisa mengganti halaman bikin jadi lebih baik dengan pelajari Page Setting diskusi box. Untuk dapat terhubung menu ini, klik kotak kecil di pojok kanan bawah sisi Page Setup. Pada tab untuk halaman, Anda bisa sesuaikan pemetaan ke prosentase tertentu sama seperti yang sebelumnya. Tapi Anda dapat atur jumlah halaman tertentu untuk lebarnya dan tinggi.


5. Langkah Mengecek Preview Saat sebelum Cetak Excel

Saat ini kemungkinan saat yang pas untuk mengecek bagaimana spreadsheet Anda akan kelihatan saat diciptakan. Pencet Ctrl+F2 untuk dapat masuk ke model bikin di mana dapat menyaksikan preview dari spreadsheet. Sesudah usai, klik panah kiri pada bagian atas untuk kembali lagi ke penampilan biasa. Sesudah ketahui langkah menyiapkan file yang hendak di print supaya tidak terpenggal, cara seterusnya yang penting Anda lihat ialah langkah share printer yang hendak dipakai dengan laptop atau komputer Anda. Langah Mudah Print Excel Agar Rapih Dan Tidak Terpotong. 

Beberapa macam peranan yang dapat dipakai untuk beragam kepentingan.

Kelompok peranan yang disiapkan diantaranya :

Peranan Financial. Untuk memproses data keuangan

Peranan Date dan Time. Untuk memproses data waktu dan tanggal.

Peranan Math dan Trig, untuk memproses data trigonometri dan matematika.

Peranan Statistical, untuk memproses data statistik.

Peranan Lookup dan Reference, untuk memproses data berdasar tabel dan data rekomendasi.

Peranan Database, untuk memproses database.

Peranan Teks, untuk merekayasa teks.

Peranan Logical, untuk pemrosesan data yang membutuhkan opsi opsi logika.

Peranan Information, untuk memperoleh info pada kisaran atau sel.

Peranan Engineering, untuk pemrosesan data teknik.

Masing-masing kelompok peranan terdiri dari fungsi-fungsi yang lain satu dengan lain.

Berikut keterangan dari fungsi-fungsi yang kerap dipakai pada Microsoft Excel

1. SUM - Dipakai untuk hitung jumlah data

Wujud penulisan peranan SUM ialah " =Sum(angka1;angka2;…) "

Contoh

=Sum (3;10;1) => hasilnya 14

Bila Sum untuk menjumlah sel " =SUM(Sel1;Sel2;…) "

Contoh:

=SUM(A1;B6;C8)

Bila Sum untuk menjumlah kisaran " =SUM(range) "

Contoh:

=SUM(A1:A5) => menjumlahkan Kisaran A1 sampai A5

2. AVERAGE - Dipakai untuk hitung rata-rata/ rerata.

Wujud penulisannya ialah " =AVERAGE(nilai1;nilai2;…) "

Contoh:

=AVERAGE(2;4;3) => hasilnya ialah 3

=AVERAGE(A1:A5) => cari nilai rerata dari isi sel A1 sampai A5

3. MAX - Dipakai untuk cari nilai optimal dari 1 set data

Wujud penulisannya ialah " =MAX(nilai1;nilai2;…) "

Contoh:

=MAX(2;4;10;6;8) => hasilnya ialah 10

=MAX(A1:A5) => akan cari nilai optimal dari A1 sampai A5

4. MIN - Dipakai untuk cari nilai minimum dari 1 set data

Wujud penulisannya ialah " =Min(nilai1;nilai2;…) "

Contoh

=MIN(2;4;10;6;8) => hasilnya ialah 2

=MIN(A1:A5) => akan cari nilai minimum dari A1 sampai A5

5. COUNT - Dipakai untuk hitung berapakah buah argument yang berisi data numerik

Wujud penulisannya ialah " =COUNT(argumen1;argumen2;…) "

Contoh

=COUNT(2;"A";"B";5;7) => Hasilnya ialah 3


Peranan Nalar dalam Microsoft Excel

1. NOT - Bila nilai argument nalar nya TRUE karena itu hasilnya akan berharga NOT. Demikian pula sebaliknya.

Wujud penulisannya " =NOT(nilai nalar) "

Contoh

=NOT(4>5) => hasilnya ialah TRUE

2. AND - Digunakan untuk menyatukan nilai nalar dari beberapa nilai nalar jadi satu nilai nalar baru. Hasilnya akan berharga TRUE jika semua nalar yang dipadukan berharga TRUE.

Wujud penulisannya ialah " =AND(logika1;logika2;…) "

Contoh =AND(5>1;3<7) => akan berharga TRUE

3. OR -  Langah Mudah Print Excel Agar Rapih Dan Tidak Terpotong. Sama dengan nalar And tetapi, untuk nalar Or hasilnya akan berharga TRUE bila salah satunya nilai nalar yang dipakai berharga TRUE. Akan berharga False jika tidak ada nilai nalar yang berharga TRUE.

Wujud penulisannya ialah " =OR(logika1;logika2;…) "

Contoh:

=OR(5>1;9<7) => berharga TRUE

=OR(5<1;9<7) => berharga FALSE

4. IF - peranan nalar untuk pilih satu dari 2 nilai berdasarkan pengetesan logika.

Wujud penulisannya " =IF(UjiLogika;nilaiJikaBenar;NilaiJikaSalah) "

Contoh:

=IF(E4>80;"Lulus";"Tidak berhasil") karena itu hasilnya "Lulus" bila E4>80, bila E4 kurang dari 80 karena itu hasilnya "Tidak berhasil ".


Peranan Penelusuran dan Rekomendasi dalam Microsoft Excel

1. VLOOKUP - Peranan Vlookup dipakai untuk cari nilai berdasar pembacaan pada tabel rekomendasi yang ditetapkan berdasar no kolom (data tersusun secara vertikal).

Wujud Penulisan

=VLOOKUP(Kriteria;Tabel_Rujukan;No_Kolom_Tabel_Rujukan;Rangelookup)

Contoh:

=VLOOKUP(C3;$F$3:$G$7;2;TRUE)

=VLOOKUP(C3;TABEL1;2;1)

2. HLOOKUP - Peranan Hlookup dipakai untuk cari nilai berdasar pembacaan pada tabel rekomendasi yang ditetapkan berdasar no baris (data tersusun secara horizontal). Langah Mudah Print Excel Agar Rapih Dan Tidak Terpotong. 

Wujud Penulisan

=HLOOKUP(Kriteria;Tabel_Rujukan;No_Baris_Tabel_Rujukan;Rangelookup)

Contoh :

=HLOOKUP(C3;$F$3:$I$4;1;FALSE).

=HLOOKUP(C3;TABEL2;1;0).

Demikian Pembahasan Langah Mudah Print Excel Agar Rapih Dan Tidak Terpotong.


Sumber : indorentalmedia com

Posting Komentar untuk "Langah Mudah Print Excel Agar Rapih Dan Tidak Terpotong"